Semua wirausahawan hebat
memulai semuanya dari bawah. Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai perusahaan
mereka di garasi, begitu pula dengan pendiri Google, Larry Page dan Sergey
Brin. Jadi, kalo skala bisnismu masih terbilang kecil, itu hal yang wajar kok.
Tapi, bisnis yang kecil
bukan berarti harus tampak murah dan generik. Selalu ada cara yang bisa kamu
lakukan agar bisnismu tampak meyakinkan. Kamu bisa membuat bisnis mungilmu
terlihat besar lewat beberapa tips berikut ini;
1. Buat Logo yang
Profesional
Logo merupakan identitas
perusahaanmu. Membuat logo perusahaan yang menarik dan profesional amat
penting, karena logo ini akan tampil di setiap sudut bisnismu: produk, situs
web, kartu nama, kemasan, banner, dan sebagainya. Penting banget untuk
mendesain logo yang membuat orang tertarik dan bisa mengingat bisnismu dengan
mudah.
menciptakan sebuah logo
adalah investasi yang penting. Dalam membuat logo yang profesional, mungkin
kamu bisa berkonsultasi dengan desainer grafis yang kredibel.
gambar logo yang profesional
2. Investasikan Uangmu
ke Website yang Menarik
Sudah tahu ‘kan kalo
kesan pertama itu sangat penting? Sebuah situs adalah wajah dari perusahaanmu.
Tampilan situs yang didesain secara profesional gak cuma membuat bisnismu
terlihat kredibel, tapi juga bisa meningkatkan penjualan produkmu, seiring
dengan pendapatan lewat iklan. Jadi, jangan main-main dengan desain website
bisnismu.
Untuk memiliki situs
yang menarik, kamu bisa menginvestasikan uangmu pada domain berbayar plus
desainer web. Domain berbayar jelas akan membuat situsmu tampak meyakinkan dan
mereka bisa lebih leluasa untuk dikustomisasi. Dengan website yang oke, kamu
juga berkesempatan untuk menyalip pesaing-pesaingmu.
gambar website
3. Jualan Langsung Lewat
Situsmu
Alih-alih melemparkan
penjualan produkmu ke situs lain, ada baiknya kamu bisa langsung memasarkan
produkmu langsung lewat situs web-mu. Melakukan penjualan langsung bakal
membuat bisnismu terlihat handal dan kamu juga lebih mudah mengatur margin
penjualanmu. Lewat sini kamu juga akan belajar berbagai hal yang bakal berguna
kalo kamu pengen mengembangkan usahamu.
gambar contoh situs
4. Bikin Kemasan yang
Menarik
Pengemasan itu murah,
tapi seringkali diremehkan oleh perusahaan berbasis web saat mereka mengirimkan
produknya ke pelanggan. Jadi, buatlah kemasan produkmu semenarik mungkin, biar
produkmu mengena di hati mereka. Buatlah mereka berpikir: “Wah, kemasannya
menarik nih, sayang kalo dibuang.” Atau “Bungkusnya lucu, jadi pengen beli
lagi.”
Kemasan adalah wajah
dari produkmu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaaatkan kemasanmu sebagai media
promosi produkmu. Jadi, jangan dianggap remeh masalah bungkusan ini.
5. Jangan Meremehkan
Alamat Surel
Biar bisnismu kelihatan
besar, hindari menggunakan alamat surel atau email gratisan semacam @yahoo.com
atau @gmail.com. Buatlah alamat surel yang menggunakan nama domainmu. Selain
itu, manfaatkan lebih dari satu surel untuk menangani pelanggan dan rekan
bisnismu, misalnya customerservice@, sales@, media@, dan sebagainya.
Dari luar, bisnismu akan
terlihat dikerjakan oleh banyak orang, meskipun hanya ditangani oleh kamu
seorang.
gambar contoh alamat email
6. Berinvestasi ke
Desain Profesional
Desain yang kamu
butuhkan bukan cuma logo, situs web, dan kemasan, tapi juga hal-hal kecil
seperti kartu nama, email template, serta video profil perusahaanmu. Jangan
ragu untuk berinvestasi ke pos-pos materi pemasaran ini, karena sedikit banyak
mereka akan berpengaruh pada penjualan dan kredibilitas perusahaan.
gambar contoh kartu nama
7. Sering-Sering Ngeblog
Selain meng-update
produk, manfaatkan situs webmu untuk ngeblog, setidaknya satu atau dua
postingan per minggu. Bagikan postingan yang relevan sama bisnis dan audiensmu,
bisa berupa berita, kisah inspiratif, maupun pencapaian yang kamu hasilkan
lewat bisnismu.
Dengan begitu,
pelangganmu gak cuma datang ke sana untuk belanja, tapi juga untuk membaca
postinganmu. Meskipun gak beli, mereka akan tetap berkunjung kembali ke
website-mu.
gambar suasana membuat blog
8. Kumpulkan Testimoni
dan Review
Mengumpulkan testimoni
dan review dari pelanggan penting banget. Selain menjadi umpan balik buat bisnismu,
testimoni dan review yang positif bisa mendongkrak kepercayaan pelanggan untuk
membeli produk-produkmu. Kalau perlu, kamu bisa meminta mereka membuat video
testimoni untuk dipajang di situsmu.
gambar kumpulan testiomoni
9. Bekerja Sama dengan
Perusahaan yang Lebih Besar
Jalinlah kerja sama
dengan perusahaan yang lebih dulu besar dan dikenal pada suatuevent. Selain
memperluas koneksimu, kamu juga bisa menceritakannya pada pelangganmu lewat
blog. Pelangganmu pasti akan makin percaya dan loyal sama kamu.
Kamu juga bisa mensponsori
event atau kegiatan amal yang sejalan dengan bisnismu. Ini menunjukkan kalo
perusahaanmu punya kepedulian dan kultur yang akan membuatnya makin dikenal dan
besar.
Selalu cari cara
biar bisnismu bisa diliput media. Dengan menjadi narasumber suatu liputan, kamu
berkesempatan untuk memperkenalkan dirimu dan bisnismu ke lingkup yang lebih
luas. Wawancara dengan media bisa menaikkan popularitas dan akan berimbas pula
pada penjualanmu nanti.
“Fake it until you
make it.”
Bisnismu boleh kecil,
tapi kamu punya visi untuk menjadikannya besar. Percaya pada dirimu sendiri:
kemampuanmu, wawasanmu, serta potensi yang kamu miliki. Soalnya, kalo kamu aja
gak percaya sama dirimu, gak akan ada orang lain yang bisa. Tapi ingat, tetap
rendah hati ya!
Bisnis yang masih
berskala kecil punya banyak potensi untuk terus berkembang. Tapi, kamu bisa
selangkah di depan dibanding pesaingmu yang lain jika membuatnya tampak seperti
sebuah bisnis yang dominan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar