Sabtu, 01 Agustus 2015

Virtual Office di Bandung Tetap Tumbu


Meski sektor usaha properti secara makro melambat, namun kalangan pengusaha sewa kantor dengan konsep virtual officemenilai terus tumbuhnya kebutuhan pasar. Terlebih dengan sokongan industri kreatif di Kota Bandung.

Muh Andi Aulia, Chief Operation Coworking Space, menilai kebutuhan pasar akan sewa kantor akan  tetap ada, terlebih bagi kalangan pengusaha pemula (start up) dan freelancer di Kota Bandung karena banyak fasilitas yang didapatkan dengan layanan bisnis properti tersebut.

“Iklim wirausaha di Bandung saya nilai semakin tumbuh, disitulah bisnis seperti ini semakin direspons pasar,” ujar Andi. Keberadaan bisnis virtual office tentu sangat dekat dengan kebutuhan industri kreatif yang tumbuh di Kota Bandung. Pasalnya dengan layanan tersebut, konsumen bisa menekan pengeluaran berlebih dengan menyewa bangunan kantor secara utuh. Perkembangan bisnis virtual officedi Bandung telah dikenal cukup lama atau sekitar 2008 lalu.

Ruang-ruang kerja tersebut seakan menjadi alternatif bagi pekerja kreatif yang biasa melakukan rutinitas kerjanya di kos-kosan atau kafe. Dengan layanan konsep virtual office, semua member atau konsumen bisa mendapatkan ruang aktivitas kerja, alamat, dan nama tempat atau gedung, fasilitas mailing list, dan telepon.

“Bisnis ini saya nilai akan terus berkembang ke depannya karena mereka yang merintis usaha akan membutuhkan layanan seperti ini,” ujarnya. Soal kenyamanan, tentu ada fasilitas lebih yang bisa didapat konsumen mulai dari akses internet yang cepat, komunitas, dan relasi dalam mengembangkan bisnis. “Selain menekan biaya pengeluaran, dengan layanan ini konsumen bisa bekerja sama dan saling membantu dalam mengembangkan bisnis,” ungkap Andi.

Meski perkembangan usaha properti saat ini melambat, Andi menilai layanan ini tetap dibutuhkan di Kota Bandung. Selain karena kota ini dikenal dengan industri kreatif, pertumbuhan komunitasnya pun dinilai akan terus memberi angin segar kepada jenis usaha tersebut. “Konsumen tentu lebih efisien. Mereka bisa menyewa dalam hitungan jam, hari, bulan sesuai kebutuhan mereka,” ucapnya.

Seperti diketahui, melambatnya usaha properti juga terlihat dari capaian angka sewa apartemen. Head of Research and Advisory Cushmand and Wakefield Arief Rahardjo mengatakan, sewa apartemen di kuartal II mengalami penurun - an.Tingkat hunian apartemen sewa turun sekira 2,7 persen dibandingkan kuartal sebelumnya menjadi 61,46 persen. “Banyak ekspatriat yang pindah dari apartemen dia yang sekarang ke apartemen yang lebih kecil yang harga sewanya lebih murah,” ujar Arief.

Karena dampak tersebut, pihaknya menambahkan jika ke depannya banyak apartemen yang akan mengalami koreksi harga. “Apartemen servis dan apartemen khusus sewa mengalami penurunan sebesar 0,4 dan 0,3 pesen menjadi USD28,2 dan USD18,3 /m2 per bulan,” ucapnya.

Heru muthahari/ okezone 

sumber : http://www.koran-sindo.com/read/1026773/151/bisnis-virtual-office-di-bandung-tetap-tumbuh-1438049692

Tidak ada komentar:

Posting Komentar