Selasa, 19 Mei 2015

8 Hal Menuju Sukses

 photo 8 kunci meraih kesuksesan_1.jpg


1. Passion
Lakukanlah semuanya dengan cinta, maka dunia akan mencintaimu. Begitu pula dengan kesuksesan, lakukanlah apa yang kamu sukai, yang kamu cintai dan percayalah bahwa kesuksesan akan mengikutimu. Pernahkah mendengar orang sukses karena mencintai pekerjaannya? Sangat banyak pastinya. Kalau disebutkan satu per satu tidak akan selesai-selesai.
2. Work
Kerja adalah yang membawa Anda menuju kesuksesan. Apakah ada orang sukses yang tidak bekerja? Tidak ada orang sukses yang tidak bekerja. Mereka adalah pekerja keras dibidangnya masing-masing. Mereka kerja sangat keras hingga lupa waktu makan dan tidur. Orang yang mencintai pekerjaannya pasti akan bekerja keras dipekerjaannya. Bukan karena takut kehilangan, tetapi karena rasa cinta itulah yang membuat mereka kerja keras. Seperti kata pak Sandiaga Uno, “4 AS, kerja cerdAS, kerja ikhAS, kerja kerAS, kerja tuntAS”.
3. Focus
Pernah bermain kaca pembesar yang diletakkan di atas kertas yang disinari cahaya matahari dan kertas itu terbakar? Saya yakin rata-rata dari yang baca pasti pernah memainkan hal tersebut. Kenapa kertas tersebut bisa terbakar? Disitulah letak kekuatan fokus. Saat kaca pembesar mendapatkan cahaya matahari dan kaca pembesar mendapatkan titik fokus di atas kertas, maka cahaya dari matahari akan mencapai titik panas yang dapat membakar kertas.
Begitu pula dengan Anda, ketika Anda fokus dengan satu hal. Saya yakin bahwa
Anda akan menuju kesuksesan segera mungkin. Karena tidak ada orang yang sukses disemua bidang. Orang sukses dibidang mereka masing-masing.
4. Push
Motivasi adalah hal yang cukup sulit untuk sebagian orang karena tidak semua orang bisa memotivasi dirinya sendiri. Padahal motivasi ibarat bahan bakar dari sebuah kendaraan. Bayangkan saja ada mobil ferrari tetapi tidak ada bahan bakar untuk menjalankannya. Jalankah mobil itu? Tentu tidak.
Sama seperti Anda. Anda memiliki potensi yang luar biasa untuk mencapai kesuksesan. Anda adalah sebuah mobil ferrari yang sedang menunggu bahan bakar yang diisi untuk Anda. Nah, sekarang yang menjadi pembahasan adalah apa yang memotivasi Anda? Apa yang membuat Anda terus bersemangat? Itulah bahan bakar Anda. Isi terus diri Anda dengan hal-hal itu. Percayalah Anda akan menuju kesuksesan.
5. Ideas
Apa yang Anda pikirkan saat ini? Bisa jadi itu ide brilian yang membawa Anda menuju kesuksesan. Bill Gates saat itu menemukan ide untuk membangun Microsoftnya, Steve Jobs menemukan ide untuk membangun Applenya. Apa ide Anda?
Saya pernah mendapatkan nasihat berupa sebuah kalimat, “Gagasan ide sangat menentukan masa depan hidup kita.”
Apabila ada ide terlintas di benak Anda, langsung dicatat, jangan dibiarkan menghilang. Sekali lagi ingat, ide itu sangat menentukan kehidupan kita kedepannya.
6. Improve
Selalu mengembangkan diri sendiri, yang berarti Anda harus selalu belajar mengenai apapun dalam kehidupan ini. Mulai dari bagaimana menjadi seorang pemimpin, bagaimana menjadi seorang dipimpin, bagaimana bertutur kata, bagaimana berpemikiran positif, dan lain-lain.
Semua itu harus Anda pelajari, bukan berarti Anda harus bisa semuanya. Hidup Anda, Andalah yang mengaturnya, tidak ada yang berhak mengaturnya. Oleh karena itu ketika Anda berbuat salah jangan pernah takut untuk mencoba lagi, tetapi jangan melakukan kesalahan yang sama persis dengan sebelumnya karena Anda setidaknya telah belajar dari kesalahan sebelumnya.
Untuk mencegah terjadi kesalahan yang sama persis, cobalah Anda “tahan” sesaat sebelum melakukan atau berbicara sesuatu. Coba pikirkan lagi apakah sudah cocok jika Anda melakukan atau berbicara hal itu.
7. Serve
Sama seperti dokter, guru, tentara dan lain-lain. Melayani itu termasuk salah satu yang membawa Anda ke puncak kesuksesan. Ketika Anda ingin sukses, Anda tidak bisa berharap bahwa kesuksesan itu akan datang kepada Anda. Layani atau berikan orang nilai-nilai yang Anda punya, percayalah bahwa Anda menuju jalan kesuksesan.
8. Persist
Rasa pantang menyerah diri Anda dalam menjalani passion Anda akan membuahkan hasil yang sesuai. Apabila Anda  menyerah dalam menjalaninya, buah kesuksesan tidak akan pernah Anda nikmati, begitu pula jika Anda tidak menyerah menjalaninya maka sukses akan menghampiri Anda.
Anda harus melewati masa-masa kegagalan dan Anda harus pantang menyerah melewati CRAP:
Criticism: dikritik oleh orang-orang yang belum mengerti Anda sepenuhnya.
Rejection: ditolak oleh orang-orang yang belum mengerti Anda sepenuhnya.
Assholes: para orang-orang yang hanya bisa berkata-kata tanpa membantu Anda.
Pressure: tekanan dalam hidup Anda menghadapi orang-orang Assholes di atas.
Silakan Anda terapkan 8 hal tersebut, semoga Anda lebih sukses!

sumber:  rangkuman buku "The 8 Traits That Lead to Great Success"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar